Sabtu, 23 Mei 2015

Jenis-jenis Petikan Gitar/Picking


Untuk tangan kanan tentunya kita perlu mengenal jenis-jenis picking/petikan, yaitu:

   

- Alternate picking adalah memetik string secara bergantian ke atas dan ke bawah. Dalam teknik ini memiliki dua jenis, yaitu pukulan inside dan outside. Inside yaitu berpindah string dengan pergantian arah petikan ke bawah sedangkan outside hanya sebaliknya saja.


- Chicken picking adalah memetik string dengan cara mencabut string dengan menggunakan ritme stakato/putus-putus ditahan. Dalam teknik ini, menggunakan bantuan jari jempol kanan dan jari telunjuk untuk menjepit string yang kemudian string itu akan dicabut keluar.


       - Sweep Picking adalah memetik beberapa string dengan cara disapu, teknik ini berhubungan erat dengan teknik arpeggio pada tangan kiri.


     -  Tapping adalah sama seperti teknik hammer ons, hanya saja string dipukul dengan menggunakan jari tangan kanan.


     - Tremolo picking atau bisa disebut dengan speed picking adalah memetik string suatu nada dengan petikan ke atas dan ke bawah secara cepat. Ada beberapa teknik yang digunakan untuk keperluan efek suara, seperti berikut ini:




  •             Muting adalah meredam suara dengan cara menempelkan sisi luar telapak tangan kanan pada bagian belakang pangkal string agar suara terdengar teredam.
  •           Pickscrape merupakan teknik yang sama dengan fret noise, hanya kita menyembunyikan dengan pick, dengan cara menggeser pick dari arah tremolo gitar ke arah neck gitar dan sebaliknya.
  •            Art harmonic adalah teknik menyembunyikan lengkingan nada dengan cara menyentuhkan bagian samping jempol tangan di dekat string, dipetik secara sesaat dan cepat agar lengkingan lebih terdengar baik harus disertai teknik vibrasi di tangan kirinya.

Dari berbagai istilah-istilah diatas masih banyak hal lain yang perlu kita ketahui, teknik-teknik diatas adalah teknik-teknik umum yang biasa di temui pada permainan gitar elektrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar