Sabtu, 23 Mei 2015

Teknik Umum bermain Gitar

Adapun beberapa teknik umum untuk tangan kiri dalam bermain gitar elektrik, diantaranya:

   
1. Vibrato atau biasa biasa disebut vibrasi adalah cara bertahan suatu nada agar nada tidak terkesan lurus, yaitu dengan cara menggerakan string ke atas dan ke bawah secara berulang-ulang.








 2. Bend up atau biasa disebut bendin, adalah cara menaikan nada dengan cara mengangkat string ke atas atau ke bawah dengan aturan jarak atau intervl tertentu.










  
  3. Double string adalah cara mengeluarkan dua nada secara bersamaan baik dengan cara dibending atau dengan menggunakan teknik yang lainnya.







    
4. Sliding adalah menggeser-geser nada ke depan dan ke belakang tanpa mengangkat jari dalam bermain suatu melodi.







  5. Hammering adalah membunyikan lebih dari satu nada tetapi hanya dengan satu kali petikan di awalnya. Ada dua jenis Hemmering yaitu Hammer Ons, yang dipukul dengan menggunakan jari kiri dan Puul Off juga dipetik dengan menggunakan jari kiri.







    6. Arpeggio adalah membunyikan tiga, empat, lima, atau enam nada secara arpeggio (cepat berurutan) dengan cara menyapu petikan, atau mudahnya disebut petikan sapu.







      
7. Skiping, adalah teknik memainkan melodi tetapi meloncati urutan string, seperti dari string satu ke string tiga, atau dengan macam-macam variasinya.





    
8. Ghostnote adalah memberikan nada bayangan dalam memainkan suatu melodi. Dengan cara mematikan suara string, kemudian ditahan dengan menggunakan jari-jari kiri, tetapi tangan kanan tetap memetik.









     
9. Harmoni adalah membunyikan nada tanpa menempelkan string ke finger board dengan menggunakan aturan tertentu.










  
10. Fret Noise/Power Slide adalah efek suara hiasan untuk menuju permulaan suatu permainan, caranya hanya dengan menggeser tangan kiri ke atas string gitar.




Dan masih banyak teknik-teknik lainnya yang perlu kita ketahui. Agar kita dapat memperluas apresiasi kita memerlukan banyak gitaris-gitaris dunia untuk diketahui teknik permainannya sebagai sumber referensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar